Feeds:
Pos
Komentar

Archive for April 11th, 2008

review:
Another great saxophonist is finally here with his complete discography. Kalo suka Dave Koz dan sejenisnya, dijamin demen abis jg sama Eric. Ga tau kenapa, apa emang saxophonist itu ramah2 semua, tapi Eric ini juga super ramah, spt jg Dave Koz, Mindi Abair atau Candy Dulfer. Eric punya gaya ketawa lepas yg bisa bikin orang cepat akrab.

Eric bukan orang baru di dunia jazz. Karirnya udah dimulai sejak tahun 80 an awal, tapi album solo karirnya emang rada telat, baru dimulai sejak 1987. Pengaruh sering tampil bareng Chick Corea bikin Eric kadang tampil liar meliuk2 dan ngebop, bahkan rada free jazz, and he’s good at it, i tell you. Disisi lain, dia bisa tampil groovy, tapi kalau dia udah mulai nampilin sisi romantis dalam tiupannya, mabuk deh dengernya. serba bisa? you bet!

This is his complete discography yang bakalan susah banget buat dicari lagi sekarang. So, all of you sax lovers, yg demen smooth jazz, yg suka model2 musik semacam dave koz, mindi abair, candy dulfer, david sanborn, ini satu lagi artis yang wajib koleksi. mumpung linknya masih idup gitu loh…

spesial tengkyu buat bro adi yg udah repot memproses discog ini smp rampung.. and as usual my buddy sentaroking

enjoyyy

Eric Marienthal – Voices Of The Heart (1987)

1. Voices of the Heart
2. Your Eyes
3. Blue Space
4. Brazilian Dream
5. Premonition
6. Tippin’
7. Being With You
8. Harvest Dance
9. Written in the Wind
10. Walk Like an Emu
11. Someone Said
12. Backstep

Eric Marienthal – Collection (1989)

1. Oasis
2. Hustlin’
3. Sun Was In My Eyes, The
4. Written In The Wind
5. Brazillian Dream
6. That’s The Way
7. Walk Through The Fire
8. Where Are You?
9. Hold On My Heart
10. Where You Belong
11. Street Dance
12. Legenda

Eric Marienthal – Round Trip (1989)

1. Round Trip
2. Moonwalk
3. I’m Gonna Wait on Your Love
4. It’s Better Than Nothing
5. Reunion
6. Afrique
7. Lee Ann
8. Road Goes On
9. I’ll Be Home Soon
10. Serengeti
11. Crash Test Dummies


Eric Marienthal – Crossroads (1990)

1. Sun Was in My Eyes
2. Spoons
3. Yellow Roses
4. Upside Down
5. Schmooze
6. Cross Country
7. Hide and Seek
8. Two Bits
9. On the Eve of Tomorrow
10. Rain on the Roof


Eric Marienthal – Oasis (1991)

1. Hustlin’
2. Seafood To Go
3. Oasis
4. Understanding
5. Tryin’ To Tell Ya
6. Barcelona
7. Big Country
8. Just To See You Again
9. Turn Out The Light
10. Another Shore

Eric Marienthal – One Touch (1993)

No Doubt About It
That’s the Way
One for James
Walk Through the Fire
Ouch!
Westland
The Village
Tanto Amor
Back Talk
Where Are You?

Eric Marienthal – Street Dance (1994)

Street Dance
Kid’s Stuff
Moment Of Silence
Shake It Loose
Fafaru
Legenda
Nothin’ But Everything
Where You Belong
Yosemite
Hold On My Heart
Forces Of Nature
Have I Told You Lately

Eric Marienthal – Easy Street (1997)

1. Easy Street
2. Tuesday’s Delight
3. New Jack Saturday
4. Until You Come Back To Me (That’s What I’m Gonna Do)
5. Glow
6. Half & Half
7. The Sun Died
8. Last Day Of Summer
9. Bourriquot
10. Secret Passion
11. Backstage

Eric Marienthal – Walk Tall (1998)

Mercy, Mercy, Mercy
Work Song
Walk Tall
Skylark
Imagine That
The Way You Look Tonight
Here In My Heart
Sunstone
If You Need Me To
Country Preacher
Unit 7
Groove Runner


Eric Marienthal – Turn Up The Heat (2001)

Everything She Wants
Lefty’s Lounge
One Day In Venice
Takin’ It To The Streets
Love Don’t Live Here
Sugar
San Marcos Square
Rendezvous
Hold On
Hangin’ On The Boardwalk
Remember Our Promise


Eric Marienthal – Sweet Talk (2003)

Uptown
Secrets
All I Am
Moonlight
Tell Me Something Good
Sweet Talk
Mist Trail
Caprichosa
Nickel Plated
Like A River
Laguna


Eric Marienthal – Got You Covered (2005)

1. I Will
2. New York State Of Mind
3. Love And Liberte
4. Compared To What
5. I’ve Got The World On A String
6. Emotion
7. Two Part Invention #4 In D Minor
8. My One And Only Love
9. You’ve Got A Friend
10. Stand By Me
11. Moody’s Mood For Love

Eric Marienthal – Just Around The Corner (2007)

1. Eric Marienthal – 21 Ocean Front (4:18)
2. Eric Marienthal – Blue Water (4:11)
3. Eric Marienthal – Dance With Me (3:38)
4. Eric Marienthal – Flower Child (4:52)
5. Eric Marienthal – I Believe In You (4:13)
6. Eric Marienthal – Just Around The Corner (4:24)
7. Eric Marienthal – Lost Without You (5:16)
8. Eric Marienthal – Open Road (4:13)
9. Eric Marienthal – Times Square (4:27)
10. Eric Marienthal – Your Move (4:36)

all credits to blackmamba

Iklan

Read Full Post »

review:
“Like A Comet..Blazing ‘Cross The Evening Sky..Gone Too Soon”.. gw jadi ingat potongan lagunya michael jackson ini tiap kali bicara soal Donny. Gimana engga, karirnya tergolong singkat, kurang dari 10 tahun.. dan dia terlalu cepat meninggalkan dunia ini, dan dunia pun kehilangan seorang Musisi (dgn huruf M besar) yang punya potensi untuk memperkaya dunia musik secara umum dalam waktu lama.

Donny Hathaway memulai karir tahun 1970, dan berakhir tahun 1979 dengan kematiannya yang disinyalir bunuh diri akibat depresi. Meski cuma 9 tahunan, karya2 dan kontribusi Donny sepesat komet. Lagu2nya banyak yang klasik, dan Donny pun jadi panutan banyak artis dengan nama besar. Siapa aja? sebut nama2 seperti Stevie Wonder, George Benson, Brian McKnight, Frank McComb, India Arie sampai Raul Midon. Beberapa karya monumentalnya dibawakan bareng Roberta Flack. Siapa yang ga kenal dgn lagu The Closer I Get To You atau Where Is The Love misalnya.. dan lagu2 yang dia bawakan sendiri, seperti A Song For You, This Christmas, dan lagu daur ulang spt For All We Know, atau signature hitsnya Marvin Gaye, What’s Going On, jadi klasik di tangan (baca: pita suara) Donny.

Donny punya style soul yang, serius, bisa bikin merinding. Suaranya hampir2 spt Peabo Bryson, very soulful, dan lagu2 yg dinyanyiin punya jiwa dan nyawa. So, berhubung suaranya emang soulful, dia juga nyanyi di area pop jazz, soul, deep blues dan funk. Area2 ini yg mewarnai karir Donny hingga akhir hayatnya. Coba dengerin lagu I Love You More Than You’ll Ever Know.. deep bgt. (kalo yg suka klasik rock, pasti kenal lagu yg populer lewat Blood Sweat and Tears ini).

Ketika orang mulai lupa dengan Donny, di American Idol season 5, Elliot Yamin bikin nama Donny bangkit lagi, dgn nyanyiin bbrp lagu Donny secara sempurna. Lagu This Christmas nya Elliot misalnya yg jadi hits pas natal 2 taon lalu, itu berasal dari koleksi lagunya Donny. Buah ga jatuh jauh dari pohonnya. Dua anak Donny pun berkarir di dunia musik. Lalah Hathaway jadi penyanyi jazz/RnB, sedang Kenya bisa kita liat tiap minggu di tv, karena merupakan satu dari tiga backing vocal tetap di acara American Idol.

Album ini udah ngumpulin lagu2 klasiknya Donny sepanjang karirnya yang singkat tadi. Buat yg belum kenal, ini kesempatan untuk kenalan sama tokoh legendaris dan fenomenal. Yang udah kenal, yuk nostalgia.. yang pasti sayang banget nih album kalo dilewatkan. Yang suka jazz pop dgn sentuhan RnB, deep soulful blues, yg suka artis2 spt Peabo Bryson, Brian McKnight, Raul Midon, Roberta Flack, Patti Austin dll, ini barang wajib. Enjoy

1. A Song For You
2. I Love You More Than You’ll Ever Know
3. You Were Meant For Me
4. Back Together Again (ft Roberta Flack)
5. Where Is The Love (ft Roberta Flack)
6. For All We Know (ft Roberta Flack)
7. Someday We’ll All Be Free
8. Giving Up
9. The Closer I Get To You (ft Roberta Flack)
10. You Are My Heaven (ft Roberta Flack)
11. What’s Going On (Live @ The Troubadour, Hollywood CA)
12. The Ghetto, Pt. 1
13. To Be Young, Gifted And Black
14. You’ve Got A Friend (ft Roberta Flack)
15. This Christmas

link and review by blackmamba 

Read Full Post »

review:
2 worlds yang dimaksud disini mungkin adalah pertemuan dua dunia antara timur dan barat, bisa juga antara etnik musik dan jazz, tapi buat gw sendiri, gw menggambarkan 2 worlds ini sebagai pertemuan antara real world dan imaginary, mystical and magical world. Belum pernah gw ketemu ethnic fusion yang segila ini. Eksplorasi out of the world yang mungkin akan kedengaran sangat berat bagi pendengar awam, tapi mengagumkan buat yg bisa menikmati ethnic fusion. Improvisasi dan komposisinya bener2 challanging, wild, pushing to the limit of musical performance, technique and sound. Sebagian komposisi dalam album ini sendiri dikerjakan ketika mereka tampil dalam rangkaian konser kelilingnya di Amerika Serikat dan Kanada pada tahun 2005. Dalam kesempatan tersebut, Krakatau juga mengajak beberapa rekan musisi asing dari Kanada, Amerika Serikat dan Italia. Mereka ikut tampil dan berbaur dalam menampilkan kemampuannya. Sepertinya juga mereka mencoba untuk menikmati warna dan groove yang barangkali asing bagi musisi luar. So, there i said it.. not recommended buat yg suka easy listening, unless you wanna try how a two worlds colide would sound like. For you who love ethnic jazz, who love a free exploration and progressivity of jazz music, this one is brilliant and recommended.

Personnel:
Pra B.Dharma (slendro fretless bass); Dwiki Dharmawan (keyboard); Adhe Rudyana (kendang & perkusi); Yoyon Dharsono (rebab, suling & tarompet); Zainal Arifin (gamelan & perkusi); Gerry Herb (drums); Ubiet (voice);

Guest Stars:

Ron Davis (piano); Reg Schwagger (guitar); Howard Levy (blues harmonica); Carlo Actis Dato (tenor & baritone sax, bass klarinet); John Loach (flugelhorn); andre Timman (suling); Massimo Rosi (alto & soprano sax); Karsten Lipp (electric bass); Federico Marchesano (electric guitar); Dario Bruna (drum kit); Mr Q (alto recorder).

Komposisi:
Levy’s Groove
Actis Baritone Funk
Bunga Tembaga
Swing in S’lendro
Pine Crescent Jamz
Madenda Fantasy
Two Worlds
Suling Bodas (White Bamboo Flute)
Double Bands ‘Live’
Perahu
Bancak Pakeweuh

link and review by blackmamba

Read Full Post »

Personnel:
Pra B.Dharma
Dwiki Dharmawan
Trie Utami
Budhy Haryono
Adhe Rudyana
Yoyon Dharsono

review:
Hasil bongkar gudang dari hunting gw kemaren berbuah album super langka. Krakatau 2000, formasi milenium dgn personil Pra B Dharma, Dwiki Dharmawan, Trie Utami, Budhy Haryono, Adhe Rudyana, Yoyon Dharsono, ngebawain album ethnical fusion yang keren abis. Slendro-ish jazz, gw sebut aja gitu, dgn gamelan, gendang, saron (sejenis perkusi tradisional sunda yang udah langka), Bangsing (suling bambu sunda yg juga langka), bonang (gong nya jawa),rebana, rebab dan terompet sunda yg bunyinya mirip klarinet (sering disebut jg serunai), digabung dgn gitar bass nya Pra Budhi Dharma, keyboard nya Dwiki, vokalnya mbak iie yang ternyata bisa meliuk2 dalam ethnical art luar biasa ala sinden digabung jadi satu. Kebayang ga hebohnya? This is magical and mystical album, amazing, outstanding, unique and classified as a masterpiece .. Album ini udah ga ada dipasaran n considered rare. Cuma orang2 “gila” yang sanggup bikin musik spt ini.. so mari kita ikutan “gila” dengan menikmati albumnya. An unforgettable experience, ini bukti kekayaan khasanah musik indonesia yang luar biasa. “One must see and hear the difference”. Rip CD, so kualitas garansi manis.

1. Krakatau 2000 – Genjring Party (4:26)
2. Krakatau 2000 – Barala Duit (3:59)
3. Krakatau 2000 – Kutemukan (4:26)
4. Krakatau 2000 – Wara Wiri (4:17)
5. Krakatau 2000 – Magical Match (5:14)
6. Krakatau 2000 – Shufflendang – Shufflending (4:17)
7. Krakatau 2000 – Engrang Funk (3:19)
8. Krakatau 2000 – Cah Mie Kung (4:36)
9. Krakatau 2000 – Pukul Pitu (4:43)
10. Krakatau 2000 – Impen Impenan (3:49)
11. Krakatau 2000 – Bajau (4:59)
12. Krakatau 2000 – Sakasada (4:44)

link and review by blackmamba

Read Full Post »

review

Satu lagi hasil hunting gw hari minggu kemaren. Guys, yuk kita mundur 6 tahun dari album Magical Match kemaren.. dan berada tepat 4 tahun setelah Krakatau versi Pra B Dharma, Dwiki Dharmawan, Indra Lesmana, Gilang Ramadhan, Trie Utami dan Donny Suhendra dinyatakan pecah. (ingat kan album terakhirnya Krakatau formasi ini, album “Kembali Satu” dengan hits “Kau Datang”..)

A new Krakatau has born. This is the early day of the new Krakatau. Karawitan music with the progression of modern sound. Itu cara mereka menyebut jenis musik yang mereka mainkan. Again, it’s a combination between ethnical music (slendro-ish) with fusion jazz. Menarik melihat gimana keyboardnya Dwiki disetel sesuai dengan skala gamelan pentatonik, dan sarat dengan digital sampling bunyi2an instrumen tradisional kita. Betotan bass Pra B Dharma ditambah perkusi dan kendangnya Adhe, plus multi traditional instruments ala Yoyon ngelebur sempurna dalam bungkus jazz. Dua musik dari habitat yang berbeda, yang satu diatonis, yang lain pentatonis itu, seperti saling rangkul, blended together as one, dan hasilnya sebuah musik yang seolah berasal dari dunia fantasi yang sama sekali baru. An amazing journey of sound, this will make you go nuts, just like the other album I posted yesterday. So, let’s take another journey to the mystical mist of the new world, and taste another new experience of sound.

ps: though reported still available in the market, this album is hard to find today. at least di bandung dan beberapa kota di Indonesia album ini udah ga ada lagi.

Personil:

Pra B.Dharma
Dwiki Dharmawan
Trie Utami
Budhy Haryono
Adhe Rudyana
Yoyon Dharsono

Tracklist:
01. Bubuka
02. Mystical Mist
03. Shufflendro
04. Tugu Hegar
05. Kutemukan
06. Dance To Your Roots
07. Saka Sada

link and review by blackmamba

Read Full Post »